Wednesday, January 1, 2014

7 Hal yang (Mungkin) Tidak Kalian Ketahui tentang Pearl Jam

Logo X-sun.Net

Kalian mungkin tahu kalau para anggota band Pearl Jam dan Soundgardens pernah bersama membentuk Temple of the Dogs sebagai penghargaan kepada salah satu teman mereka, yang merupakan vokalis dari band Mother Love Bone, Andrew Wood. Tetapi, tahukah kalian kalau sebenarnya Kurt Cobain itu tidak menyukai dibentuknya Pearl Jam?. Ya, ini adalah salah satu dari tujuh fakta yang (mungkin) tidak kalian ketahui tentang Pearl Jam.

1. Jeff Ament dan Stone Gossard pernah satu band dengan pendiri band Mudhoney.

Pada pertengahan tahun 1980-an, bassist dan gitarist Pearl Jam pernah berada dalam sebuah band bernama Green River -- salah satu band pelopor musik grunge di Seattle -- bersama dua mantan personil Mudhoney, Mark Arm dan Steve Turner.

2. Tiga lagu pertama yang direkam Eddie Vedder untuk Pearl Jam adalah bagian dari sebuah mini-opera.

Setelah Eddie Vedder diberi sebuah tape untuk membuat demo band, ia lalu menulis beberapa lagu dan langsung merekam bagian vokalnya untuk tiga lagu sekaligus -- termasuk 'Alive' -- yang mana ia terinspirasi dari mini-opera 'Momma-Son'.

3. Awalnya, nama band mereka menggunakan nama seorang pemain basket NBA.

Sebelum menggunakan nama Pearl Jam (yang bertahan hingga sekarang), mereka dulu sempat menamai band mereka dengan Mookie Blayblock, nama seorang pemain basket NBA yang bermain untuk New Jersey Nets. Dan album pertama mereka yang berjudul 'Ten' diambil dari nomor punggung Blayblock, yaitu sepuluh.

4. Dari masa rekaman sampai rilisnya 'Ten', mereka mempunyai tiga orang drummer.

Album debut Pearl Jam (Ten, red) direkam pada Maret dan April 1991. Dari sebelum rilisnya album itu pada Agustus, Pearl Jam telah dua kali berganti drummer; Dave Krusen (yang keluar pada bulan Mei), lalu Matt Chamberlain (yang meninggalkan band untuk bergabung dengan Saturday Night Live), dan Dave Abbruzzesse (yang direkomendasikan oleh Chamberlain).

5. Kurt Cobain sangat membenci mereka.

Setelah album 'Ten' menjadi hits dan sukses, frontman Nirvana itu menyebut kalau Pearl Jam melakukan sellout, ia menganggap bahwa album itu tidaklah murni 'indie-rock' karena semua solo gitar yang ada pada album itu. Tetapi, akhirnya Cobain dan Vedder pun berteman.

6. 'Vitalogy' terlebih dahulu dirilis dalam bentuk vinyl sebelum dalam bentuk CD.

Album ketiga Pearl Jam yang krusial ini sempat terlebih dahulu dirilis dalam format vinyl pada 22 November 1994. Dua minggu kemudian, barulah format CD dan kaset yang lebih populer dirilis.

7. Mereka merilis 72 album live pada 2000 dan 2001.

Pearl Jam merekam dan merilis setiap konser yang mereka jalani, yang diawali pada tahun 2000 saat promo album terbaru mereka, Binaural. Dan pada 2001, sudah 72 album live yang berhasil mereka rekam dan rilis.


Referensi:
Diffuser
Load disqus comments

0 komentar